Belajar dari MatahariMall.com

“Share what You have then You will have the new one” -NN

MatahariMall (MM) adalah ecommerce marketplace milik salah satu keluarga konglomerat di Indonesia, Lippo Group. MM menjadi begitu populer karena kecepatannya dalam membangun brand awarness serta platformnya. Berikut ini adalah beberapa rangkuman yang didapat dari sharing session CEO MM Hadi Wenas dari beberapa sesi seminar/konferensi.

Budaya Perusahaan. MM sangat percaya bahwa perusahaan startup harus memiliki budaya yang mendukung dalam bekerja. Semboyan yang mereka pilih adalah Bold, Fast and Fun. Bold adalah melakukan sesuatu “secara gila” atau think out of the box. Kreatif adalah energi startup, untuk dapat berlari kencang dibutuhkan energi yang cukup banyak. Fast adalah memutuskan sesuatu secara cepat dan mempunyai target deadline yang cepat. Meeting pagi, duedate Action item di siang. Selain itu auto approval dalam 1×24 jam jika tidak ada e-mail balasan yang menyatakan tidak setuju. Fun adalah darah startup untuk dapat terus hidup. Tantangan keras atas target market/produk menjadi menyenangkan jika darah Fun mengalir didalam tubuh pelakunya.

Ungkit dan sinergi. Jika sudah memiliki brand yang cukup berpengaruh maka pakailah untuk mengungkit brand yang baru. Waktu yang dibutuhkan kian cepat untuk mendapatkan brand awarness. MM meleverage brand Matahari yang mereka punyai dan cukup kuat. Sinergi juga harus dilakukan dilevel grassroot sehingga masing-masing kekuatan distribusi/supplier dapat dipakai untuk mendukung brand yang baru.

Dedicated and experienced team. Untuk dapat berlari kencang, tim yang berdedikasi serta berpengalaman akan mempercepat waktu belajar sehingga akan mempercepat bisnis untuk masuk ke pasar yang diinginkan. Dengan dedikasi tentunya akan membuat tim menjadi lebih solid untuk menjalankan budaya perusahaan demi keberhasilan bersama, untuk memberikan nilai pengembalian investasi yang cepat.

Terlepas dari itu, momentum dan ekosistem pendukungnya juga sedang mempunyai peranan penting dalam menumbuhkan bisnis yang secara fase siklus bisnis yang sedang berkembang.

Advertisements

Author: albertushendro

Belajar bersyukur dan pelari pagi :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s